Sabtu, 23 Januari 2016

Ipa

Cara Membuat Magnet Buatan


Terdapat beberapa cara membuat magnet sederhana yang bisa kita lakukan untuk pembuatan magnet buatan berdasarkan sifat magnet itu sendiri. Pada suatu benda yang terbuat dari bahan jenis besi atau baja memiliki sifat magnet yang ditimbulkan dari magnet-magnet kecil yang berada dalam benda tersebut, yang disebut dengan magnet elementer.
Pada teori tentang magnet menyebutkan bahwa, suatu benda dikatakan mempunyai sifat alami jika mempunyai arah yang cenderung sama di setiap magnet elementernya. Sedangkan sebaliknya benda yang tidak memiliki sifat magnet mempunyai arah magnet elementer yang tidak beraturan (acak). Pada benda-benda sifat magnet mudah di atur, dapat dibuat menjadi benda yang berdaya magnet.
Cara Membuat Magnet
Selain magnet alam yang ditemukan di alam, ada pula jenis magnet yang dibuat manusia (magnet buatan). Bahkan magnet yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, merupakan jenis magnet buatan. Benda yang dapat dibuat menjadi magnet, adalah benda-benda yang tergolong ke dalam benda magnetik terutama feromagnetik, contohnya besi atau baja.
Cara membuat magnet dengan digosok :
Siapkan potongan besi atau baja yang akan dijadikan magnet
Besi magnet asli, digosokkan dengan teratur pada besi yang akan dijadikan magnet secara satu arah. Misalnya searah dengan gerakan jarum jam.
Setelah menjadi magnet pada baja akan terbentuk kutub-kutub magnet yang berlawanan dengan kutub magnet yang digosokkan.
Pada ujung terakhir bagian magnet yang digosok, akan menjadi kutub magnet yang berlawanan dengan kutub magnet yang digosok tersebut.
Cara membuat magnet dengan arus listrik :
1. Untuk membuat magnet tersebut, akan memanfaatkan arus listrik yang diperlukan sumber tegangan DC pada arus listrik dengan baterai atau aki. kabel, dan batang besi atau baja.
2. Sebatang baja atau besi dililit kawat yang dialiri arus listrik searah, makan baja atau besi tersebut akan menjadi magnet.
3. Magnet yang dibuat dengan cara dialiri arus listrik ini, disebut dengan elektromagnet atau magnet listrik.
Cara membuat magnet induksi :
1. Besi dan baja diletakkan pada dekat magnet tetap
2. Kemudian daya magnet elementer yang terdapat pada besi dan baja akan terpengaruh atau terinduksi dengan magnet tetap yang menyebabkan letak magnet elementer pada besi atau baja menjadi teratur dan mengarah ke satu arah.
3. Ujung besi yang berdekatan dengan kutub magnet batang, akan terbentuk kutub yang selalu berlawanan dengan kutub magnet penginduksi.
Cara Membuat Magnet
Pada cara membuat magnet di atas, pada besi bukan magnet ditemukan unsur magnet-magnet elementernya, mempunyai arah acak atau sembarang, kemudian karena arahnya yang tidak teratur ini gaya tarik-menarik dan tolak-menolak antar magnet elementer saling meniadakan. Sehingga pada besi bukan magnet, tidak terdapat gaya magnet (sifat magnet).
Berbeda dengan besi magnet alami yang arah elementernya sama, maka antar magnet elementer akan terdapat gaya tolak-menolak dan tarik menarik. Tapi pada bagian ujung magnet hanya terdapat gaya tolak menolak, sehingga hanya bagian ujung-ujung magnet yang gaya magnetnya terasa paling kuat, dari pada bagian tengahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar